Busmori, Yanti (2011) Penerapan Metode Resource Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Akuntansi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YANTI_BUSMORI_73774_2932_2011.pdf [thumbnail of final_B1_YANTI_BUSMORI_73774_2932_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YANTI_BUSMORI_73774_2932_2011.pdf
Download (469kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
ekonomi akuntansi dengan metode resource based learning di kelas XI IPS 2
SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
hipotesis tindakannya adalah penerapan metode resource based learning dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS 2
SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Padang Jl.
Pasar Baru-Kecamatan Pauh dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS
2 yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan untuk
melihat perubahan aktivitas siswa dan tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk
melihat perubahan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran
siklus I dan II.
Hasil penelitian dari dua siklus menunjukan bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II. Secara
keseluruhan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 55,46% dan mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 78,28%. Dengan meningkatnya aktivitas
siswa dalam proses pembelajaran ini dapat memicu peningkatan pada hasil belajar
siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 54,55% dan meningkat pada siklus II
menjadi 82,86%, begitupun dengan rata-rata nilai meningkat dari 65 pada siklus I
menjadi 78 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode resource based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9
Padang. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu
indikator keberhasilan belajar mengajar.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini antara lain : 1) Kepada
pihak sekolah untuk mensosialisasikan metode Resource Based Learning, agar
dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran dan melengkapi sarana dan
prasarana agar metode Resource Based Learning ini dapat terlaksana dengan baik.
2) Bagi tenaga pendidik, khususnya guru pelajaran ekonomi diharapkan dapat
menerapkan metode ini sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 05:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 05:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27452 |