Pengembangan Bahasa Tulis Anak Melalui Kegiatan Menjurnal di PAUD Hidayah Tabek Kunci Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Meri, Meri (2011) Pengembangan Bahasa Tulis Anak Melalui Kegiatan Menjurnal di PAUD Hidayah Tabek Kunci Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MERI_79161_2011.pdf] Text
final_B1_MERI_79161_2011.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang penulis temui di PAUD Hidayah Tabek Kunci Andalas Kecamatan Padang Timur, dimana anak belum mampu sepenuhnya dalam pengembangan bahasa tulis, apabila dikaitkan dengan indikator pengembangan bahasa tulis anak dalam hal ini masih rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa tulis anak melalui kegiatan menjurnal yang peneliti laksanakan di PAUD Hidayah. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan: (1) kemampuan anak didik dalam membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf atau kata, (2) Kemampuan anak didik dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 10 orang. Tempat penelitian adalah PAUD Hidayah Tabek Kunci Andalas Kecamatan Padang Timur. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 6 kali pertemuan tiap siklus. Analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi frekuensi. Alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan fortofolio.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara umum terlihat hasil pengembangan bahasa tulis anak melalui kegiatan menjurnal semuanya ada peningkatan yang sangat tinggi dapat dilihat pada kemampuan anak didik dalam membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf atau kata dan Kemampuan anak didik dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan. Dari hasil penelitian ini, disarankan: (1) agar pendidik dapat pengembangan bahasa tulis anak melalui kegiatan menjurnal yang menyenangkan bagi anak serta mengasah keterampilan menulis anak, (2) agar orang tua dapat menumbuhkan pengembangan bahasa tulis, (3) diharapkan penelitian ini menjadi bahan masukan bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahasa tulis, Anak usia dini, Kegiatan menjurnal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:18
Last Modified: 21 Oct 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27445

Actions (login required)

View Item
View Item