Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran di TK Negeri I Padang

Rosalina, Rosalina (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran di TK Negeri I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROSALINA_10527_3731_2011.pdf] Text
final_B1_ROSALINA_10527_3731_2011.pdf

Download (159kB)

Abstract

Kemampuan berbahasa anak merupakan hal yang sangat penting, terutama
dalam perkembangan seorang anak, sedangkan kemampuan berbahasa anak
khususnya berbicara di kelompok B2 TK Negeri I Padang terutama pada kegiatan
bermain peran masih dikatakan rendah. Adapun tujuan penelitian yang penulis
lakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B2
TK Negeri I Padang dalam berkomunikasi melalui metode bermain peran. Sebagai
pelaksana penelitian ini adalah Rosalina, guru kelompok B2 TK Negeri I Padang,
dan subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Negeri I Padang yang
berjumlah 18 orang tahun ajaran 2010/201. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan praktek
pembelajaran di kelas secara professional. Data penelitian diperoleh melalui
observasi, dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian antara siklus I dan II menunjukkan peningkatan, pada aspek
menirukan kembali 4-5 urutan kata siklus I perolehan anak tertinggi 28%, siklus II
meningkat 61%, aspek berbahasa sopan dan bermuka manis siklus I perolehan
anak tertinggi 28% pada siklus II meningkat 67%, aspek berbicara dengan suara
ramah dan teratur (tidak berteriak) perolehan nilai anak tertinggi 28%, siklus II
meningkat 67%, aspek berani bertanya secara sederhana perolehan nilai tertinggi
pada siklus I 33%, siklus II meningkat 61%, aspek mengekspresikan gerakan
sesuai dengan cerita perolehan nilai tertinggi pada siklus I 33%, siklus II
meningkat 78%.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan
berbahasa anak khususnya anak kelompok B2 TK Negeri I Padang.
Saran penulis kepada pembaca agar dapat menggunakan skripsi ini sebagai
sumber ilmu pengetahuan guna menambah wawasan dalam meningkatkan
kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 05:01
Last Modified: 21 Oct 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item
View Item