Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Peta di Kelas IV SD Negeri 10 Pasar Ahad Kecamatan TanjungRaya Kabupaten Agam

Netty, Yanthe Patrizia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Peta di Kelas IV SD Negeri 10 Pasar Ahad Kecamatan TanjungRaya Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Yanthe Patrizia Netty_52507_2012.pdf] Text
final_B1_Yanthe Patrizia Netty_52507_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalitian ini berawal dari Kenyataan di kelas IV SD Negeri 10 Pasar Ahad Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Pembelajaran yang dilaksanakan masih terpokus pada guru, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan Menggunakan Media Peta pada pembelajaran IPS melalui permainan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Penggunaan Media Peta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Penggunaan Media Peta melalui Permainan Kecil merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berfokus pada upaya mengubah kondisi riil sekarang kearah kondisi yang di harapkan. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 10 Pasar Ahad Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran, kemampuan guru merancang perencanaan pembelajaran Silus I pertemuan Idengan nilai 72% sedangkan Siklus I Pertemuan II 75% Kualifikasi Baik.Pada Siklus II Pertemuan I dengan Penilaian 81% meningkat menjadi 93% (sangat baik) Pada tahap pelaksanaan Penilaian aktivitas guru Siklus Pertemuan I 65,6% sedangkanPada Siklus I Pertemuan II 72% dan Siklus II Pertemuan I 84% ,Siklus II Pertemuan II Mendapat nilai 88% berada Pada Kualifikadi Sangat Baik. guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah disusun. Hasil analisis pembelajaran termasuk kedalam kualifikasi sangat baik. Pada tahap penilaian, guru tidak hanya melaksanakan penilaian, tapi juga melaksanakan penilaian proses.Nilai rata-rata siklus I untuk penilaian hasil belajar 67. Nilai rata-rata siklus II untuk penilaian hasil belajar adalah 81.Berdasarkan hasil penelitian melalui pendekatan kualitatif dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 05:00
Last Modified: 21 Oct 2025 05:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27439

Actions (login required)

View Item
View Item