Mendrawarnis, Mendrawarnis (2011) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas VI SD N 20 Indarung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MENDRAWARNIS_10490_2011.pdf
Download (212kB)
Abstract
Berdasarkan Permasalahan yang ditemukan dilapangan selama peneliti mengajar dikelas VI SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Padang siswa mengalami kesulitan dalam belajar operasi hitung bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif, hal itu disebabkan karena pendekatan mengajar guru yang selalu terpaku dengan metode ceramahdan penugasan. Untuk itu peneliti ingin mengadakan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelititan ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Padang yang berjumlah 30 orang, jumlah laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses, penilaian hasil, format pencatatan lapangan, rambu-rambu keberhasilan mengajar guru, dan rambu-rambu analisis karakteristik pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dari aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan persentase.
Ditemukan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual, hasil belajar bilangan bulat dapat meningkat. Dari 30 orang siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai rata-rata 63,17 dengan ketuntasan 43,33% dan pertemuan kedua, 68 dengan ketuntasan 70%. Pada siklus II menunjukkan hasil yang lebih baik lagi yaitu 79,07 dengan ketuntasan 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat ditingkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Operasi hitung bilangan bulat, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:17 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27422 |
