PengaruhPenerapan Bahan Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Padang

Mahardika, Nadya (2016) PengaruhPenerapan Bahan Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NADYA_MAHARDIKA_1205639_1705_2016.pdf] Text
B1_05_NADYA_MAHARDIKA_1205639_1705_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasilbelajar siswa pada mata pelajaran Fisikapada kompetensi
pengetahuan, sikap, dan keterampilan belum optimal, disebabkan oleh penggunaan
bahan ajar terfokus pada kompetensi pengetahuan saja. Oleh karena itu,
dibutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap,
dan keterampilan siswa. Bahan ajar yang dapat digunakan adalah bahan ajar
bermuatan kecerdasan komprehensif.Untuk itu, penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar bermuatan kecerdasan komprehensif
terhadap kompetensi siswa kelas X SMAN 4 Padang dilakukan.
Penelitian eksperimen semu ini menggunakan Randomized Control Group
Only Design mempunyai populasi siswa kelas X MIA SMAN 4 Padangyang
terdaftar pada Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik Purposive Sampling. Instrumenpenelitian adalahlembaran soal objektif
untuk kompetensi pengetahuan, lembaran observasi untuk kompetensi sikap, dan
lembaran penilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Hipotesis diuji
dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan taraf nyata 0.05.
Berdasarkan data hasil penelitian, didapatkanrata-rata hasil belajar siswa
kelas eksperimen pada kompetensi pengetahuan, sikap sosial, sikap spiritual, dan
keterampilan adalah 84, 81, 83, 82. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol
pada kompetensi pengetahuan, sikap sosial, sikap spiritual, dan keterampilan
adalah 79, 77, 76, 77. Data menunjukkan kompetensi siswa pada kelas eksperimen
lebih tinggi dari pada kelas kontrol.Hasil uji statistikChi Kuadrat dengan taraf
nyata 0,05 dan derajat kebebasan 1untuk semua kompetensi adalah 3,84; χ
2
hitung
kompetensi pengetahuan sebesar 4,60; χ
2
hitung kompetensi sikap sosial sebesar
4,42;χ
2
hitung kompetensi sikap religius sebesar 4,85;χ
2
hitung kompetensi
keterampilan sebesar 4,28. Harga χ
2
tabeladalah 3.84. Kriteria penerimaan
Ho,yaituχ
2
hitung≤ χ
2
(1-α)(1), Berdasarkan hasil uji hipotesisdisimpulkan bahwa
terdapat pengaruh berarti penerapan bahan ajar bermuatan kecerdasan
komprehensif menggunakan model pembelajaran Inkuiri terhadap kompetensi
fisika siswa kelas X SMAN 4 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Komprehensif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:05
Last Modified: 21 Oct 2025 04:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27419

Actions (login required)

View Item
View Item