Dukungan Lingkungan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Siswa di SMK Negeri 1 Painan

Putra, Rizki Yulis (2022) Dukungan Lingkungan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Siswa di SMK Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIZKI_YULIS_PUTRA_15053117_30_2023.pdf] Text
B1_01_RIZKI_YULIS_PUTRA_15053117_30_2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan lingkungan belajar
terhadap pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Painan. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh Siswa/i di SMK N 1 Painan sebanyak 201 orang dan sampel sebanyak 68
orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Skor rata-rata aspek dukungan
lingkungan sekolah yang terdiri dari 10 pertanyaan, dimana nilai rata-rata 4,09
dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 81,71 %, sesuai teori Arikunto
(2013) jika TCR berkisar antara 81 – 100 % = Sangat Baik. Hal ini menunjukan
bahwa aspek dukungan lingkungan sekolah dalam kategori Sangat Baik. 2). Skor
rata-rata aspek dukungan lingkungan keluarga yang terdiri dari 10 pertanyaan,
dimana nilai rata-rata 4,26 dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 85,21
%, sesuai teori Arikunto (2013) jika TCR berkisar antara 81 – 100 % = Sangat Baik.
Hal ini menunjukan bahwa aspek dukungan lingkungan keluarga dalam kategori
Sangat Baik. 3). Skor rata-rata aspek dukungan lingkungan teman sebaya yang terdiri
dari 10 pertanyaan, dimana nilai rata-rata 4,07 dengan Tingkat Capaian Responden
(TCR) sebesar 81,47%, sesuai teori Arikunto (2013) jika TCR berkisar antara 81 –
100 % = Sangat Baik. Hal ini menunjukan bahwa aspek dukungan lingkungan
keluarga dalam kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:42
Last Modified: 21 Oct 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27406

Actions (login required)

View Item
View Item