Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share dengan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik TipeProblem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumbar

Vito, Afrizal (2018) Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share dengan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik TipeProblem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AFRIZAL_VITO_1306250_1345_2018.pdf] Text
B1_05_AFRIZAL_VITO_1306250_1345_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Teknik Dasar Listrik dan Elektronika yaitu dibawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMK Negeri 1
Sumbar yaitu 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi hasil belajar
Teknik Dasar Listrik dan Elektronika dengan Penerapan Model Pembelajaran
kooperatif Tipe Think Phair Share dan model pembelajaran Pendekatan Saintifik
Tipe Problem Based Learning, Siswa Kelas X Teknik Mekatronika SMK Negeri
1 Sumbar. Jenis Penelitian ini adalah quasy experiment (Eksperimen Semu).
Sampel Penelitian yaitu kelas XMEKA A sebagai kelas eksperimen I
menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Phair Share dan kelas
XMEKA B sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning. Teknik Pengumpulan data dari post-test pada kelas
eksperimen I dan kelas eksperimen II, kemudian dianalisis untuk uji
homogenitas,uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapatkan nilai
rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
Tipe Think Phair Share yaitu (84,25) lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Pendekatan Saintifik
TipeProject Based Learning yaitu (80,44). Hasil perhitungan hipotesis pada taraf
signifikan α=0,05 didapatkan thitung>ttabel yaitu 2.191 > 2.042, karena thitung besar
dari ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) dterima

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TipeThink Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:27
Last Modified: 21 Oct 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item
View Item