Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Perkuliahan (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa BK FIP UNP)

Handayani, Afrina (2017) Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Perkuliahan (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa BK FIP UNP). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AFRINA_HANDAYANI_1300372_3060_2017.pdf] Text
B1_05_AFRINA_HANDAYANI_1300372_3060_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemandirian belajar ini merupakan kemampuan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar yang tertumpu pada aktifitas, tanggungjawab, dan kemauan yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu tanpa meminta bantuan orang lain. Kenyataan di lapangan ditemukan beberapa mahasiswa dalam membuat tugas perkuliahan seadanya, tidak memiliki keberanian untuk berpendapat, sumber materi yang kurang lengkap, menyalin tugas teman atau senior, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemandirian belajar mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.
Metode penelitian adalah metode kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian berasal dari mahasiswa BK yang berjumlah 354 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 188 orang mahasiswa. Penelitian dilaksanakan dengan mengadministrasikan instrumen penelitian dengan model likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Temuan penelitian mengungkapkan kemandirian belajar mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkulihan dalam aspek (1) memiliki otonomi pribadi, dalam mengerjakan tugas perkuliahan berada pada kategori sedang dengan, (2) memiliki manajemen diri dalam belajar untuk mengerjakan tugas perkuliahan berada pada kategori sedang, (3) kemandirian meraih kebebasan dalam mengerjakan tugas perkuliahan berada pada kategori sedang, (4) mengarahkan diri untuk pengorganisasian materi tugas perkuliahan berada pada kategori sedang. Dari hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan cenderung berada pada kategori sedang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:27
Last Modified: 21 Oct 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27397

Actions (login required)

View Item
View Item