Suryani, Nur (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Koto Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NUR_SURYANI_83246_3657_2011.pdf
Download (249kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 18 Koto Panjang dan hasilwawancara terhadap siswa dan guru kelas IV SD Negeri 18 Koto Panjang, hasilbelajar siswa masih rendah, serta dalam pembelajaran yang dilaksanakan olehguru masih menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan nilaisiswa rendah, yakni pencapaian nilai rata-rata UAS siswa adalah 59,0, sedangkanKKM yang ditetapkan sekolah adalah 61. Untuk itu penulis melalui penelitian inimencoba meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasilbelajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class actionresearch), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pembelajaran yangdigunakan yakni dengan menggunakan pendekatan contextual teaching andlearning (CTL). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun denganmengikuti langkah-langkah pendekatan contextual teaching and learning (CTL)dan menggunaan media untuk menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkansehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan siswa yang diambilsebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 KotoPanjang kota Padang Panjang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakantes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan.Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian initerlihat peningkatan hasil belajar siswa, pada tes tindakan siklus I rata-rata hasilbelajar siswa adalah 67,55. Mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,71.Selain itu aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan padasetiap pertemuan yang dipantau melalui lembar pengamatan penerapanpendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasilbelajar IPA pada siswa kelas IV SD yang terdiri dari aspek guru dan siswa.Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan pembelajaranmenggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:27 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 03:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27396 |
