Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Mind Mapping di Kelas V SDN 04 Lubuk Sikaping

Yandri, Yandri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Mind Mapping di Kelas V SDN 04 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YANDRI_52567_2012.pdf] Text
final_B1_YANDRI_52567_2012.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS masih rendah Pembelajaran hanya dipusatkan pada guru dan
belajar hanya berupa hapalan semata sehingga tidak mendorong siswa untuk
mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, yang pada akhirnya pembelajaran
tidak dapat diharapkan secara optimal. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan strategi
mindmapping..
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,dan menggunakan
pendekatan kualitatifdan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
.Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu
perencanaan,pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi pada masing-masing siklus.
Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan,hasil tes,diskusi,dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Mind Mapping
dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 04 Lubuk Sikaping.
Pada siklus 1 sebagian siswa belum terbiasa dengan penggunaan strategi mind
mapping, makanya diperlukan penjelasan yang mendalam tentang langkahlangkah
penggunaan mind mapping . Pada siklus 11 siswa sudah terbiasa dengan
strategi mind mapping ini, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dari siklus 1 ke siklus 11. Pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata kelasnya adalah
61,8, siklus 1 pertemuan 11 rat-ratanya menjadi 74, dan pada siklus 11 meningkat
lagi menjadi 83. Dari hasil penelitian ini dapat disiumpulkan bahwa dengan
menggunakan strategi mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS dikelas V SDN 04 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:07
Last Modified: 21 Oct 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item
View Item