Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD Negeri 13 Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.

Nur, Muhammad (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD Negeri 13 Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NUR_MUHAMMAD_07470_1181_2011.pdf] Text
final_B1_NUR_MUHAMMAD_07470_1181_2011.pdf

Download (373kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri13 Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang menunjukkanbahwa pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara konvensional dimana gurumasih mempergunakan media pembelajaran yang terbatas pada buku teks danpenilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini menyebabkan pesertadidik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehnyarendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAtersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasilpembelajaran IPA dengan mempergunakan media audio visual.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari duasiklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru IPA. Setiap siklus terdiri ataskegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksipada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahunajaran 2010/2011 di SD Negeri 13 Sungai Pisang dengan subjek penelitian adalahseluruh peserta didik kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melaluiobservasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 13 Sungai Pisang Kota Padang. Hal ini terlihat dari (1) Hasilbelajar peserta didik pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 7,1pada siklus I menjadi 8,0 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilairata-rata 7,8 pada siklus I menjadi 8,5 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotormeningkat dari nilai rata-rata 6,4 pada siklus I menjadi 7,9 pada siklus II. Melihathasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan media audiovisual pada pembelajaran IPA perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangkapeningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, MEDIA AUDIO VISUAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:25
Last Modified: 21 Oct 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27381

Actions (login required)

View Item
View Item