Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op pada Siswa Kelas IV SDN 08 Parak Gadang Kec. Padang Timur.

Novrianti, Novrianti (2011) Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op pada Siswa Kelas IV SDN 08 Parak Gadang Kec. Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVRIANTI_07516_2011.pdf] Text
final_B1_NOVRIANTI_07516_2011.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan dan pengamatan bahwa gurukurang mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran pendidikanKewarganegaraan yang tepat. Hal ini berdampak kepada hasil belajar. Untukmengatasi hal itu adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe co-op co-op. Penggunaan model ini bertujuan untuk meningkatkanpembelajaran dan menjadikan pembelajaran lebih menarik serta meningkatkanrasa kebersamaan diantara siswa, karena salah satu tujuan dari modelpembelajaran kooperatif adalah meningkatkan kinerja serta kemampuan siswauntuk bekerjasama dan berkolaborasi.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober semester I tahun ajaran2010/2011 di SD Negeri 08 Parak Gadang Kecamatan Padang Timur, dengansubjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 25 orang, yang terdiri darisiswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan adalah 9 orang. Jenis penelitianyang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkanpembelajaran. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhirtindakan. Dimana dari aspek kognitif siswa siklus I ketutasan yang diperolehketuntasan 44 %, Siklus II meningkat menjadi 76 %, sedangkan penilaian aspekafektif pada siklus I diperoleh ketuntasan siklus I 32 %, siklus II 72 %,selanjutnya penilaian aspek psikomotor diperoleh ketuntasan siklus I 32 %, siklusII 73 %. Berdasarkan data tersebut maka pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran ini dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 00:53
Last Modified: 21 Oct 2025 00:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27342

Actions (login required)

View Item
View Item