Noviyanti, Noviyanti (2011) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Memberikan Penguatan Guru, Proses Belajar dan Minat Berwirausaha terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Bisnis SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_Noviyanti_5875_5875_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana (1) pengaruh persepsisiswa tentang keterampilan memberikan penguatan guru secara langsung terhadaphasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa SMK Negeri 3 Padang (2)pengaruh proses belajar guru terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri3 Padang (3) pengaruh minat berwirausaha terhadap hasil belajar kewirausahaansiswa SMK Negeri 3 Padang (4) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilanmemberikan penguatan guru terhadap proses belajar kewirausahaan siswa SMKNegeri 3 Padang (5) pengaruh minat berwirausaha terhadap proses belajarkewirausahaan siswa SMK Negeri 3 Padang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang berbentuk korelasional. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Negeri 3 Padangyang berjumlah 71 orang. Teknik Penarikan sampel dengan Total Sampling. Variabelpenyebab dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang keterampilanmemberikan penguatan guru (X1), proses belajar (X2) dan minat berwirausaha (X3),sedangkan variabel akibat adalah hasil belajar (Y). Data dikumpulkan melalui angketdengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan induktif, yang terdiriatas Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan program Statistical Productand Service Solution (SPSS).Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikanantara persepsi siswa tentang keterampilan memberikan penguatan guru dan minatberwirausaha terhadap persepsi siswa tentang proses belajar (2) Terdapat pengaruhyang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan memberikan penguatanguru, proses belajar dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar di SMK Negeri 3Padang. (3) Pengaruh langsung persepsi siswa tentang keterampilan memberikanpenguatan guru terhadap hasil belajar lebih besar jika dibandingkan dengan pengaruhtidak langsung persepsi siswa tentang keterampilan memberikan penguatan guruterhadap hasil belajar melalui persepsi siswa tentang proses belajar. (4) Pengaruhlangsung perminat berwirausaha terhadap hasil belajar lebih besar jika dibandingkandengan pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang minat berwirausaha terhadaphasil belajar melalui persepsi siswa tentang proses belajar.Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran dalam penelitian ini antara lain (1)untuk keberhasilan hasil belajar maka perlu diperhatikan keterampilan memberikanpenguatan guru, proses belajar dan minat berwirausaha siswa (2) bagi penelitianselanjutnya dapat menambah variabel yang dapat mempengaruhi hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MINAT BERWIRAUSAHA, HASIL BELAJAR |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:53 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27328 |
