Pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota Padang

Irawan, Ronald (2011) Pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RONALD_IRAWAN_77791_1886_2011.pdf] Text
final_B1_RONALD_IRAWAN_77791_1886_2011.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Service
Program, Loyalty Program dan Community Building terhadap loyalitas Pelanggan
PT. Adira Finance Divisi Yamaha Di Kota Padang Jenis penelitian ini adalah
penelitian kausatif yang menjelaskan pengaruh komponen-komponen dari
Cuctomer Relationship Marketing sebagai variabel bebas terhadap loyalitas
pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha sebagai variabel terikat. Populasi
dalam penelitian ini adalah warga kota Padang yang menggunakan jasa PT. Adira
Finance Divisi Yamaha dengan pengambilan sampel adalah dengan menggunakan
metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling, yaitu
metode yang digunakan berdasarkan atas pemilihan sampel berdasarkan
kebetulan. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis
dengan menggunakan Uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Customer Service Program
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira
Finance Divisi Yamaha di Kota Padang. 2) Loyalty Program memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Finance Divisi
Yamaha di Kota Padang. 3) Community Building memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Finance Divisi Yamaha di Kota
Padang
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disarankan agar
PT. Adira Finance selalu meningkatkan Customer Service Program agar loyalitas
pelanggan dari PT. Adira Finance tetap terjalin dengan baik. Berusaha untuk
meningkatkan Loyalty Program dari PT. Adira Finance dengan memberikan
bonus seperti poin undian yang diundi setiap akhir tahun. Dan berusaha untuk
meningkatkan Community Building antara pelanggan dengan PT. Adira Finance.
Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh PT. Adira Finance adalah dengan
mengikutsertakan pelanggan pada program perusahaan seperti Adira Club
Member.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:52
Last Modified: 20 Oct 2025 09:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27313

Actions (login required)

View Item
View Item