Stevani, Stevani (2011) Evaluasi Program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Studi Persepsi Siswa Tentang Ketercapaian Kompetensi Mata Diklat Mengelola Pertemuan Rapat di SMK N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_STEVANI_88688_4855_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mempelajari tentang program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata diklat mengelola pertemuan rapat di SMK N 3 Padang yang belum melakukan evaluasi program. Evaluasi program diperlukan untuk mengetahui keberhasilan sebuah program sehingga dapat dibuatkan keputusan terhadap program yang dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks (contexs), masukan (input), proses (process) dan hasil (product) program pada mata dikalat Mengelola Pertemuan Rapat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif evalautif dengan menggunakan pendekatan CIPP. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa XI Administrasi Perkantoran. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket. Angket dianalisis dengan statistik deskriptif dan observasi ditinjau langsung ke sekolah penelitian yaitu SMK N 3 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kompetensi Lulusan pada program mata dikalat mengelola pertemuan rapat ini adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Kompetensi Lulusan ini didukung oleh Visi dan Misi SMK N 3 Padang, hal ini adalah untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Disain yang ada didalam program pada mata diklat mengelola pertemuan rapat ini telah sesuai dengan kompetensi yang direncanakan, seperti penyediaan sarana/fasilitas yang lengkap oleh pihak sekolah, penggunaan media pembelajaran dan sumber daya. Hasil dari program mengelola pertemuan rapat juga sudah sangat baik, hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan hasil belajar siswa dan bermanfaatnya pembelajaran mata diklat mengelola pertemuan rapat ini, oleh siswa di saat praktek kerja ringan di lapangan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru SMK N 3 Padang untuk lebih meningkatkan variasi metode pembelajaran dalam proses pembelajaran, Guru hendaknya meningkatkan kejelasan dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa ini akan meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Berarti dapat dikatakan bahwa program pada mata diklat mengelola pertemuan rapat dapat berjalan dengan baik, seperti yang telah diprogramkan sebelumnya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | evaluasi program, CIPP, kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JN Political institutions (Europe) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:51 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:51 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27309 |
