Novianti, Novianti (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI di Kelas XI SMK N 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOVIANTI_88329_4631_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NOVIANTI_88329_4631_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOVIANTI_88329_4631_2011.pdf
Download (381kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 3 Payakumbuh,terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Perhatian siswa dalam mengikutipembejaran KKPI masih kurang, sehingga menuntut guru untuk mencarikan modelpembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satudiantaranya adalah Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatik, Auditory, Visual,Intelektual). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhPenerapan Model Pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi kelas XI Semester 1SMK Negeri 3 Payakumbuh tahun Pelajaran 2010-2011.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasyeksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3Payakumbuh, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukandalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yang menjadisampel adalah siswa kelas XI Kecantikan 2 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XIKecantikan 1 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk soalobjektif sebanyak 40 butir soal yang dianalisis dengan uji t.Dari hasil penelitian, kelompok eksperimen yang menerapkan ModelPembelajaran SAVI nilai rata-ratanya adalah 81 dengan standar deviasi ( SD ) 7,17dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajarankonvensional adalah 75,26 dengan standar deviasi (SD) 8,30. Hasil uji t hitung > t tabel ,yaitu 2,25 > 1,69 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antarakedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar KKPI diSMK Negeri 3 Payakumbuh pada taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27304 |