Pengaruh Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris terhadap Hasil Belajar Rumpun Mata Kuliah Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening

Suarni, Yesi (2009) Pengaruh Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris terhadap Hasil Belajar Rumpun Mata Kuliah Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YESI_SUARNI_65121_2009.pdf] Text
final_B1_YESI_SUARNI_65121_2009.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh kemampuan bahasa Indonesia terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh kemampuan bahasa Inggris terhadap motivasi belajar, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, (4) pengaruh kemampuan bahasa Indonesia terhadap hasil belajar. (5) pengaruh kemampuan bahasa Inggris terhadap hasil belajar, (6) pengaruh kemampuan bahasa Indonesia melalui motivasi terhadap hasil belajar, (7) pengaruh kemampuan bahasa Inggris melalui motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang terdaftar semester Jul - Des 2008 berjumlah 943 orang. Teknik penarikan sampel dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel 41 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriftif dan analisis induktif, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan bahasa Indonesia terhadap motivasi belajar dengan tingkat sig 0,000 < α = 0,05, (2) terdapat pengaruh antara kemampuan bahasa Inggris terhadap motivasi belajar dengan tingkat sig 0,002 < α = 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan bahasa Indonesia, kemampuan bahasa Inggris dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah rumpun akuntansi dengan tingkat sig 0,000 < α = 0,05. Besarnya pengaruh langsung kemampuan bahasa Indonesia terhadap hasil belajar adalah sebesar 15,68% dan pengaruh tidak langsung 6,28%. Besarnya pengaruh langsung kemampuan bahasa Inggris adalah sebesar 14,52% dan pengaruh tidak langsung 5,62%. Besarnya pengaruh langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar16,81%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia dan kemampuan bahasa Inggris serta meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR RUMPUN MATA KULIAH AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:44
Last Modified: 20 Oct 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27276

Actions (login required)

View Item
View Item