Peningktatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI dengan Menggunakan Media Chart dan Pemberian Tugas Membaca dalam Kegiatan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMU N 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Yesi Okna (2010) Peningktatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI dengan Menggunakan Media Chart dan Pemberian Tugas Membaca dalam Kegiatan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMU N 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YESI_OKNA_SARI_37976_2010.pdf] Text
final_B1_YESI_OKNA_SARI_37976_2010.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa pemberian tugas membaca dan penggunaan media chart dapat meninggkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMU N 2 Painan kabupaten pesiir selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasdengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Is SMU N 2 painan kabupaten pesisir selatandengan jumlah siswa 36 orang. Data pada penelitian inidikumpuil melalui pengamatan dengan menggunakan lembaran obsevasi . tindakan ini dilakukan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklis II. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar pada sikliu I dan siklus II terlihat adanya peningkatan yaitu aktivitas siswa yang memperhatikan guru menerangkan pelajaran meningkat 29,11%, siswa yang mencatat keterangan guru meningkat 17,40%, siswa yang bertanya meningkat 17,40%, siswa yang bertanya meningkat 17,40%, siswa yang menjawab pertanyaan juga meningkat 17,40%. Sedangkan rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II juga meningkat menjadi 1,145, yaitu dari 6,5 menjadi 7,69% dan sudah mencapai standar ketuntasan belajar minimal(SKBM), peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena adanya perbaikan penambahan tindakan pada siklus II yaiti penggunaan media chart yang menarik pada saat penyampaian materi ppelajaran, memperlambat intonasi suara dalam penyampaian materi serta pemberian reward terhadap siswa yang aktif bertanya , menjawab, danmenambahkan jawaban. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas awal membaca dan penggunaan media chart dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, disarankan pada guru kels XI SMU N 2 painan untuk dapat melakukan metode tersebut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISW, MEDIA CHART, TUGASMEMBACA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:43
Last Modified: 20 Oct 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27273

Actions (login required)

View Item
View Item