Pebria, Wulan Sari (2011) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas II SDN 14 Lubuk Aur Bayang Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_WULAN_SARI_FEBRIA_93629_2011.pdf
Download (233kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan
pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar (SD) belum menggunakan pendekatan
pendidikan matematika realistik. Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri
14 Lubuk Aur Bayang Pesisir Selatan bahwa guru kelas II SD mengajarkan
matematika (Perkalian bilangan cacah)masih dengan cara tradisional dengan arti
kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang
pembelajaran perkalian bilangan cacah dengan pendekatan Pendidikan
Matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar Perkalian Bilangan Cacah
yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan akhir, (3) Pengamatan, dan 4) Refleksi
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari
dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek
peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas II yang berjumlah 20
orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif
dan kuantitatif.
Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan
matematika realistik pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai
rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 7,15 dan pada siklus II rata-rata 8,1.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Perkalian bilangan
Cacah dengan pendekatan Pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan
hasil belajar matematika (Perkalian Bilangan Cacah siswa kelas II.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:43 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27270 |
