Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas IV TK/SDN Satu Atap Kayu Gadang Kota Sawahlunto.

Rika, Novia (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas IV TK/SDN Satu Atap Kayu Gadang Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVIA_RIKA_09883_2011.pdf] Text
final_B1_NOVIA_RIKA_09883_2011.pdf

Download (331kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di TK/SDN Satu Atap Kayu Gadang,dalam mengajarkan IPA masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang giatdalam mengikuti pembelajaran yang diberikan guru. Untuk itu peneliti tertarikuntuk memperbaiki proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metodeKooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room actionresearch), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasamaantara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasiltindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dansiswa, dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasIV SD terteliti yang berjumlah 16 orang.Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II nilai yangdiperoleh penilaian dari aspek guru pertemuan 1 siklus I 75%, pertemuan 2 siklusI 84,37% meningkat pada siklus II yaitu pertemuan 1 siklus II 89,28%, pertemuan2 siklus II 93,75%. Penilain aspek afektif siswa pertemuan 1 siklus I ini adalahaspek afektif yaitu 6,87%, pertemuan 2 siklus I ini adalah aspek afektif yaitu7,56%. Meningkat pada siklus II yaitu pertemuan 1 siklus II ini adalah aspekafektif yaitu 8,37% dan pertemuan 2 siklus II ini adalah aspek afektif yaitu 8,93%.Hasil rata-rata siswa dari aspek kognitif siklus I yaitu 72,06% dan siklus IImengalami peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh siklus II 82,68%. Darihasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan mengggunakanmetode kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajarIPA siswa kelas IV TK/SDN Satu Atap Kayu Gadang Kota Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, METODE KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:03
Last Modified: 20 Oct 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item
View Item