Putri, Nabela (2019) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Eksposisi dengan Keterampilan Memproduksi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_Nabela_Putri_15016015_3822_2019.pdf
Download (578kB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan memahami teks
eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan. Kedua, mendeskripsikan tingkat
keterampilan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri2 Painan.
Ketiga, menganalisis antara keterampilan membaca teks eksposisi dengan
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini ada dua.
Pertama, data keterampilan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri
2 Painan. Kedua, data keterampilan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X
SMA Negeri 2 Painan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan
dengan sampel berjumlah 54 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis
tes, yaitu tes objektif dan tes untuk kerja. Tes objektif digunakan untuk
mengumpulkan data keterampilan memahami teks eksposisi sedangkan tes unjuk
kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan memproduksi teks
eksposisi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal
berikut. Pertama, keterampilan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA
Negeri 2 Painan berada pada kualifikasi baik (80,42). Kedua, keterampilan
memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan berada pada
kualifikasi baik (84,95). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara
keterampilan memahami teks eksposisi dengan keterampilan memproduksi teks
eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan pada taraf signifikan 95% dengan
derajat kebebasan n-1. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung > ttabel
(14,47>1,58) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian
membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Hasil penelitian ini sudah di atas
KKM yang ditetapkan yaitu 78,00. Jadi, apabila keterampilan memahami teks
eksposisi (X) siswa baik, keterampilan memproduksi teks eksposisi (Y) siswa
akan semakin bagus.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Memahami Teks Eksposisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:47 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:47 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27246 |
