Maiyosa, Sri (2011) Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Teknik Kancing Gemerincing di TK Tunas Harapan Pilubang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SRI_MAIYOSA_08339_2011.pdf
Download (149kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan perkembangan kemampuan anak dalam kecerdasan logika matematika cukup rendah di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Pilubang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Secara umum penelitian bertujuan untuk melihat peningkatan kecerdasan logika matematika anak usia dini meliputi 1) berpikir sistematis 2) menghitung dan menggunakan angka 3) membuat klasifikasi dan kategori dan 4) menemukan hubungan sebab akibat melalui teknik kancing gemerincing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah anak dari kelompok B, TK Tunas Harapan Pilubang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah anak 15 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama 2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 6 kali. Tiap siklus terdapat 4 langkah penelitian 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) perenungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi langsung kekelompok B dan tes perbuatan untuk data digunakan alat berupa pedoman observasi dengan hasil tes kemampuan. Teknik analisis data yaitu analisis dengan menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kecerdasan logika matematika anak, ini dapat dibuktikan dari hasil persentase siklus I tentang 1) berpikir sistematis, anak dapat menyelesaikan kegiatan-kegiatan dalam berpikir sistematis 2) menghitung dan menggunakan angka, anak dapat menyelesaikan kegiatan-kegiatan dalam menghitung dan menggunakan angka 3) membuat klasifikasi dan kategori, anak mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam mengklasifikasikan atau mengkategorikan sesuatu dan 4) menemukan hubungan sebab akibat, dimana anak dapat menemukan hubungan sebab akibat dalam kesehariannya. Terbukti hasil persentase meningkat dari Siklus I ke Siklus II, maka pertanyaan penelitian terjawab bahwa melalui pembelajaran dengan teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Saran dari penelitian ini agar guru dapat menggunakan kancing gemerincing sebagai media untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak, dan diharapkan agar orang tua juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kecerdasan logika matematika, anak usia dini, kancing gemerincing |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:58 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:58 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27216 |
