Hartati, Sri (2010) Pengaruh Mutu Pengelolaan Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SRI_HARTATI_61247_2010.pdf
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana pengaruh mutu pengelolaan proses pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui mutu proses pembelajaran atas tenaga pengajar pada program studi Pendidikan Ekonomi UNP terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) untuk mengetahui mutu proses pembelajaran atas kurikulum pada program studi Pendidikan Ekonomi UNP terhadap hasil belajar mahasiswa, 3) untuk mengetahui mutu proses pembelajaran atas sarana dan prasarana pada program studi Pendidikan Ekonomi UNP terhadap hasil belajar mahasiswa, 4) untuk mengetahui mutu proses pembelajaran atas metode perkuliahan pada program studi Pendidikan Ekonomi UNP terhadap hasil belajar mahasiswa, 5) untuk mengetahui mutu proses pembelajaran atas lingkungan belajar pada program studi Pendidikan Ekonomi UNP terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai mutu pengelolaan proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2009. Sampel dalam penelitian ini ditarik dengan teknik Random Sample, secara acak dengan setiap subjek yang terdaftar sebagai populasi sebabanyak 87 orang. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner, skala pengukuran menggunakan skala likert. Dengan lima alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Produck Moment. Hasil penelitian ini adalah variabel tenaga pengajar di Progam Studi Pendidikan Ekonomi berada pada kategori baik, hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tenaga pengajar dengan hasil belajar mahasiswa karena t hitung> t 3,232>1,664. variabel kurikulum di Progam Studi Pendidikan Ekonomi berada pada kategori sedang, hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kurikulum dengan hasil belajar mahasiswa karena t tabel 4,354>1,664. variabel sarana dan prasarana di Progam Studi Pendidikan Ekonomi berada pada kategori baik, hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasarana dengan hasil belajar mahasiswa karena t 3,185>1,664. variabel metode perkuliahan di Progam Studi Pendidikan Ekonomi berada pada kategori baik, hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode perkuliahan dengan hasil belajar mahasiswa karena t 3,794>1,664. variabel lingkungan belajar di Progam Studi Pendidikan Ekonomi berada pada kategori sedang, hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar mahasiswa karena t 3,232>1,664. mutu pengelolaan pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa F hitung > F 12,330>2,327.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Mutu pembelajaran, hasil belajar, tenaga pengajar, kurikulum, sarana prasarana, metode perkuliahan, lingkungan belajar. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:41 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27208 |
