Pengaruh Komunikasi Interpersonal Keluarga dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelola Pertemuan Rapat Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 3 Padang

Karmelia, Mely (2011) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Keluarga dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelola Pertemuan Rapat Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELY_KARMELIA_2859_77625_2011.pdf] Text
final_B1_MELY_KARMELIA_2859_77625_2011.pdf

Download (642kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh komunikasi
interpersonal keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran mengelola pertemuan
rapat siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Padang. (2)
Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran mengelola
pertemuan rapat siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Padang.
(3) Pengaruh komunikasi interpersonal keluarga dan kemandirian belajar terhadap
hasil belajar mata pelajaran mengelola pertemuan rapat siswa kelas XI
Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Padang..
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Padang 70
orang. Teknik penarikan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 70 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis inferensial,
yaitu: Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Multikolinieritas, Analisis Regresi
Berganda, Uji Hipotesis (uji t dan uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar mata
pelajaran mengelola pertemuan rapat siswa kelas XI Administrasi Perkantoran
SMK Negeri 3 Padang dengan sig 0,031≤ α= 0,05 atau thitung= 2,202 ≥ ttabel=1,668
(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran mengelola pertemuan rapat siswa kelas XI Administrasi
Perkantoran SMK Negeri 3 Padang dengan sig 0,037 ≤ α=0,05 atau thitung= 2,126 ≥
ttabel=1,668 (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal
keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran mengelola
pertemuan rapat siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Padang
dengan sig 0,000 ≤ α=0,05 atau Fhitung 9,655 ≥ Ftabel 3,134 dengan tingkat
sumbangan sebesar 22,4% yang membuktikan bahwa hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil penelitian di atas untuk meningkatkan hasil belajar
siswa, disarankan kepada siswa dan orang tua dapat meningkatkan komunikasi
interpersonal keluarga yaitu siswa harus sering berkomunikasi dengan orang tua
tentang kegiatan belajar, orang tua menyediakan waktu untuk membicarakan
perkembangan belajar anak dan memahami serta merasakan kesulitan anak dalam
belajar. Disarankan kepada siswa untuk meningkatkan kemandirian dalam belajar
yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan bekerja sendiri,
menguasai keahlian dan keterampilan dalam pembelajaran, menghargai waktu dan
bertanggung jawab terhadap masalah belajar yang muncul sehingga dengan
demikian hasil belajar akan meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 18 Oct 2025 07:01
Last Modified: 18 Oct 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item
View Item