Annisa, Melli (2014) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran dan Disiplin Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MELLI_ANNISA_98476_1995_2014.pdf
Download (378kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh
persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dan disiplin guru terhadap hasil
belajar siswa. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh disiplin guru terhadap hasil belajar
siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang Semester Juli-
Desember 2013 yang berjumlah 256 orang, jumlah sampel 156 orang yang
ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan
sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling. Data yang digunakan
adalah data primer berupa angket untuk variabel persepsi siswa tentang
pelaksanaan pembelajaran dan disiplin guru, dan data sekunder untuk hasil
belajar.Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif (inferensial),
denganujihipotesisanalisisregresiberganda yang
terlebihdahuludilakukanujiprasyaratanalisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji multikolinearitas dengan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan dan positif secara simultan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan
pembelajaran dan disiplin guru terhadap hasil belajar siswa
dengankonstribusisebesar 10,9%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan
positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa, dengan pengaruh sebesar 3,17%. (3) Terdapat pengaruh yang
signifikan dan positif antara disiplin guru terhadap hasil belajar siswa, dengan
pengaruh sebesar 4,16%.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru agar lebih
meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yaitu dalam penggunaan metode dan alat
(media) pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | A Accountant |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 18 Oct 2025 07:00 |
| Last Modified: | 18 Oct 2025 07:00 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27177 |
