Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Kontekstial di Kelas IV SDN 20 Tabek Patah Kecamatam Salimpaung Kabupaten Tanah Datar

Wismaningsih, Wismaningsih (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Kontekstial di Kelas IV SDN 20 Tabek Patah Kecamatam Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WISMANINGSIH_52189_1088_2011.pdf] Text
final_B1_WISMANINGSIH_52189_1088_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa Pembelajaran
sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam
penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di
kelas IV SDN 20 Tabek patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah datar,
yang mana penyampaiannya berupa teori sehingga konsep materinya masih
kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang
diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunaan metode
ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA
dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, kerena tampa disadari siswa
pembelajaran IPA sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari
hari.Pembelajaran dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun,
mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang
ingin dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan
pendekatan kontektual di kelas IV SD.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan dan refleksi.
Nilai ketuntasan belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual
pada siklus I dan II mengalami peningkatan, di mana ketuntasan belajar siswa
siklus I dengan rata rata 64 % dan pada siklus II adalah 90 %. Selain itu, siswa
telah terlatih untuk mencari tahu, megujicobakannya di dalam kelompok belajar
dan kemudian mengkomunikasikannya kepada teman yang lain. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan
kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 20 Tabek Patah
Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2025 02:25
Last Modified: 18 Oct 2025 02:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27171

Actions (login required)

View Item
View Item