Upaya Meningkatkan Pengenalan Huruf Melalui Permainan Kotak Kata di TK Aisyiyah Pariaman

Wisma, Wisma (2011) Upaya Meningkatkan Pengenalan Huruf Melalui Permainan Kotak Kata di TK Aisyiyah Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WISMA_07794_2011.pdf] Text
final_B1_WISMA_07794_2011.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK
Aisyiyah Pariaman, dalam kenyataan penulis lihat bahwa kemampuan
pengenalan huruf anak masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya
pengetahuan guru tentang pembelajaran pengenalan huruf serta alat peraga
kurang bervariasi sehingga anak bosan, merasa terpaksa dan kurang menarik,
tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran huruf. Salah satu upaya yang
dipekirakan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia
dini adalalah dengan meningkatkan pengenalan huruf pada anak usia dini yaitu
melalui perrmainan kotak kata. perumusan masalah peneliti ini adalah apakah
kotak kata dapat meningkatkan pengenallan huruf terhadap anak? penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf melalui
permainan kotak kata di tk aisyiyah pariaman.
Subyek penelitian anak TK kelompok B1 TK aisyiyah pariaman tahun
pelajaran 2010/2011sebanyak 20 orang yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 6
orang anak perempuan. Metode yang dilakukan peneliti yaitu metode Tanya
jawab. Data tentang kemampuan pengenalan huruf dalam pembelajaran
dipperoleh dari lembaran observasi dan wawancara yang analisis dengan
teknik persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan anak
dalam proses pengenalan huruf melalui permainan kotak kata, pada katagori
sangat tinggi sebelum tindakan adalah 7,5%, pada siklus 1 rata-ratanya 41,25%,
sedangkan pada siklus 11 rata-ratanya 80%. Hal ini menunjukan bahwa
kemampuan pengenalan huruf bagi anak mengalaami peningkatan dari sebelum
dilakukan tindakan pada siklus 11 . maka dapat disimpulkan bahwa melalui
permainan kotak kata dapat meningkatakan kemampuan dalam pembelajaran
pengenalan huruf pada anak usia dini

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2025 02:25
Last Modified: 18 Oct 2025 02:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item
View Item