Rahayuni, Rosi (2010) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROSI_RAHAYUNI_07471_241_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROSI_RAHAYUNI_07471_241_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROSI_RAHAYUNI_07471_241_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang akan diteliti adalah Bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning di kelas IV
SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Berdasarkan studi pendahuluan
yang diperoleh 1) guru lebih sering menggunakan metode ceramah, 2) sering
menyampaikan materi secara klasikal, 3) kurang membimbing siswa dalam
belajar kelompok, 4) kurang memvariasikan dengan model pembelajaran yang
lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning di kelas IV
SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian
ini peneliti bertindak sebagai praktisi yang melaksanakan proses pembelajaran
didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Model Problem
Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model
Problem Based Learning (PBL) dilaksanakan 5 tahap yaitu: 1) memberikan
orientasi tentang permasalahanya kepada siswa, 2) mengorganisasikan siswa
untuk meneliti, 3) membantu investigasi mandiri dan kelompok, 4)
mengembangkan dan mempresentasikan hasil, 5) menganalisis dan mengevaluasi
proses mengatasi masalah.
Rancangan pelaksanaan pembelajaran yang digunakan dalam
pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi
dengan LDK dan kunci jawaban LDK, digunakan dalam diskusi kelompok,
sehingga kegiatan kelompok berjalan dengan baik. Dari hasil penelitian bahwa
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning
(PBL) dalam pembelajaran IPS sudah meningkat, hal ini dapat dari rata-rata
sebelum dilaksanakan pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL)
adalah 5,9 setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Problem Based
Learning (PBL) nilai rata-ratanya menjadi 8,8. Oleh sebab itu Model Problem
Based Learning (PBL) dapat digunakan suatu referensi dalam pelaksanaan
pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 18 Oct 2025 02:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27161 |