Peningkatan Hasil Belajar Energi Panas Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 31 Pasar Ambacang Kec. Kuranji Padang

Widrawati, Widrawati (2008) Peningkatan Hasil Belajar Energi Panas Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 31 Pasar Ambacang Kec. Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIRDAWATI-2008.pdf] Text
final_B1_WIRDAWATI-2008.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran Energi Panas dengan penerapan Pendekatan
Keterampilan Proses di SDN 31 Pasar Ambacang Kec. Kuranji Padang. Latar
belakang penulis melakukan penelitian ini adalah melihat dari kenyataan pada
pembelajaran IPA di sekolah bahwa proses pembelajaran hanya didominasi oleh
guru sebagai sumber informasi. Guru hanya memberikan materi pembelajaran
dengan cara hafalan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja dalam
pembelajaran, dan pendekatan belajar yang digunakan guru selalu pendekatan
konvensional sebagai pendekatan favorit dalam melaksanakan pembelajaran.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dilakukan secara kolaboratif antara
peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan dalam
pembelajaran Energi Panas di kelas IV SDN 31 Pasar Ambacang Kec. Kuranji
Padang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti dengan
jumlah siswa 21 orang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran Energi Panas dengan menggunakan pendekatan
keterampilan proses. Sebelumnya pada pembelajaran IPA, rata-rata kelas 5,4,
setelah diadakan tindakan siklus 1 pada pembelajaran Energi Panas terjadi
peningkatan yaitu 7,2 pada siklus 2 meningkat menjadi 8,2. Dalam membuat
perencanaan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses
hendaklah mengikuti 7 langkah Pendekatan Keterampilan Proses yaitu :
pengamatan, pengelompokkan, pengukuran, memprediksi, eksperimen,
menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran harus
berdasarkan pada perencanaan pembelajaran yang telah disusun pada siklus I dan
Siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2025 02:21
Last Modified: 18 Oct 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27159

Actions (login required)

View Item
View Item