Roslidar, Roslidar (2010) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII1 SMPN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Melalui Media Gambar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROSLIDAR_51226_569_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROSLIDAR_51226_569_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROSLIDAR_51226_569_2011.pdf
Download (218kB)
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu dari empat aspek kemampuan
berbahasa yang perlu dikuasai siswa. Salah satu kompetensi dasar aspek menulis
di sekolah menengah pertama (SMP) adalah menulis teks berita singkat.
Kemampuan menulis teks berita singkat ini berkaitan dengan kompetensi yang
telah dipelajari sebelumnya, yakni kompetensi mendengarkan dan membacakan
teks berita.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan
media gambar terhadap peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas
VIII1 SMPN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Data yang diukur
pada penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan kemampuan siswa dalam
menulis teks berita. Kedua data penelitian tersebut dianalisis dengan teknik
analisis persentase.
Setelah dilakukan pembelajaran dengan penggunaan media gambar, terjadi
peningkatan aktivitas belajar siswa. Keaktifan menjawab pertanyaan meningkat
dari 11,11% menjadi 51,85%; mengajukan pertanyaan meningkat dari 7,41%
menjadi 51,85%; berdiskusi dalam kelompok meningkat dari 14,81% menjadi
81,48%. Begitu juga dengan menampilkan hasil diskusi meningkat dari 14,81%
menjadi 62,96%; dan menanggapi hasil diskusi meningkat dari 11,11% menjadi
59,26%. Selanjutnya, jika dibandingkan hasil tes awal dengan hasil tes akhir, juga
terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Nilai tertinggi
meningkat dari 72,50 menjadi 85,00; nilai rata-rata meningkat dari 46,94 menjadi
70,65; dan nilai terendah meningkat dari 27,50 menjadi 57,50. Begitu juga dengan
persentase ketuntasan klasikal, meningkat dari 25,93% menjadi 85,19%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 07:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27145 |