Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Pendekatan Mind Map di Kelas V SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi

Zulvianita, Wira (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Pendekatan Mind Map di Kelas V SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIRA ZULVIANITA_83294_2011.pdf] Text
final_B1_WIRA ZULVIANITA_83294_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih
berpusat kepada guru. Sehingga berlangsung pembelajaran IPS yang membosankan.
Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum
tercapai. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan
PTK dengan menggunakan pendekatan mind map.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan lembar pengamatan
untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus
yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Prosedur penelitian
dilakukan melaluli 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4)
refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan
yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber
data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan mind map di
kelas V SDN 02 Percontohan Bukittinggi .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Pada siklus I sebagian siswa belum terbiasa dengan pendekatan mind
map, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang
langkah-langkah membuat mind map. Pada siklus II sudah mulai terbiasa dengan
pendekatan mind map, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari ratarata
65,5% pada siklus I menjadi 80,65% pada siklus II.. Dari hasil penelitian yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan mind map
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 02
Percontohan Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:23
Last Modified: 18 Oct 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27131

Actions (login required)

View Item
View Item