Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Disiplin Dosen dan Implementasi Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP

Ardi, Novi (2010) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Disiplin Dosen dan Implementasi Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVI_ARDI_73702_1709_2011.pdf] Text
final_B1_NOVI_ARDI_73702_1709_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsimahasiswa tentang disiplin dosen dan implementasi metode pembelajaranterhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FakultasEkonomi Universitas Negeri Padang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif asosiatif. Populasipenelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FakultasEkonomi Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2007 dan 2008 yang terdaftarpada Semester Juli - Desember 2009 yang berjumlah sebanyak 363 orang. Untukmenentukan ukuran sampel digunakan rumus Slovin, sedangkan teknikpengambilan sampel dilakukan secara Cluster Proportional Random Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakanuntuk memperoleh data, angket diuji validitas dan relibialitasnya. Teknik analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.Untukmenguji hipotesis digunakan Uji F dan Uji t.Hasil penelitian ini pada tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang disiplindosen terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan EkonomiFakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, terlihat dari sig 0,000 < α 0,05 ataut hitung = 8,845 > t tabel = 1,993 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima.Terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi metode pembelajaranterhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FakultasEkonomi Universitas Negeri Padang, terlihat dari sig 0,002 > α 0,05 atau t hitung =3,135 > t tabel = 1,993 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dan antarapersepsi mahasiswa tentang disiplin dosen dan implementasi metodepembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajarmahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Padang, terlihat dari sig 0,000 < α 0,05 atau F hitung = 156,179 > F tabel =3,114 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima.Berdasarkan penelitian ini maka disaran untuk pihak yang terkait lebihmemperhatikan lagi disiplin dan implementasi metode pembelajaran dalam prosespembelajaran dalam upaya untuk lebih memaksimalkan lagi hasil belajarmahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR MAHASISWA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:23
Last Modified: 17 Oct 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item
View Item