Pengaruh Penerapan Active Learning yang Diikuti oleh Pencocokan Kartu Indeks (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Minyak Bumi Kelas X di SMAN 1 Pangkalan.

Sriwahyuni, Novi (2011) Pengaruh Penerapan Active Learning yang Diikuti oleh Pencocokan Kartu Indeks (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Minyak Bumi Kelas X di SMAN 1 Pangkalan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVI SRIWAHYUNI-73218-2011.pdf] Text
final_B1_NOVI SRIWAHYUNI-73218-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia di sekolah-sekolah pada saat ini umumnyamasih bersifat teacher center sedangkan kurikulum saat ini menuntut siswauntuk aktif mengembangkan kemampuannya selama proses pembelajaran.Untuk itu perlu diupayakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkansiswa. Salah satunya adalah penerapan active learning yang diikuti olehPencocokan Kartu Indeks (ICM) terhadap hasil belajar siswa. Tujuanpenelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran activelearning yang diikuti oleh Pencocokan Kartu Indeks (ICM) terhadap hasilbelajar siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitianrandomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X SMAN 1 yang dipilih dengan menggunakan teknik RandomSampling, dimana terpilih kelas X5 sebagai kelas kontrol dan kelas X4 sebagaikelas eksperimen. Pengamatan aktivitas belajar dilakukan denganmenggunakan lembar observasi pada kedua kelas sampel, diperoleh hasilnyabahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelaskontrol yaitu 62,76% untuk kelas eksperimen dan 50,75% untuk kelas kontrol.Dari hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen67,88 dan kelas kontrol yaitu 60,60. Melalui uji hipótesis menggunakan uji t’diperoleh harga thitung = 3,15 dan ttabel adalah 1,70 pada derajat kepercayaan95% atau α = 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel, artinya hasil belajar siswadengan menerapkan model pembelajaran active learning yang diikuti olehpencocokan kartu indeks (ICM) terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Pangkalan lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar siswadengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN ATIVE LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:22
Last Modified: 17 Oct 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item
View Item