Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 16 Padang.

Trisna, Noveni (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVENI_TRISNA_76913_1542_2011.pdf] Text
final_B1_NOVENI_TRISNA_76913_1542_2011.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, kurangnyakemampuan siswa dalam memahami gagasan pokok dalam bacaan. Kedua, teknikyang digunakan guru dalam pembelajaran umumnya didominasi dengan metodeceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalammeningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII.5 SMP Negeri16 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010.Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan metodedeskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes tertulis siswa, hasil observasi,hasil angket respon siswa, dan hasil catatan lapangan dalam pembelajaran.Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur,yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/pengamatan, (4) refleksi.Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VIII.5 SMP Negeri 16 Padang berjumlah 30 orang.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam pembelajaranmembaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran CooperativeIntegrated Reading and Composition (CIRC). Hal tersebut dapat dilihatberdasarkan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dari prasiklussampai siklus 2. Pada tahap prasiklus rata-rata nilai siswa yaitu 54,16 dengankualifikasi hampir cukup meningkat menjadi lebih dari cukup yaitu 66,66 padasiklus 1, dan pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswameningkat menjadi 78,26 dengan kualifikasi baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:21
Last Modified: 17 Oct 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27113

Actions (login required)

View Item
View Item