Rosmayenti, Rosmayenti (2011) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar 21 Purus Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROSMAYENTI_90392_186_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROSMAYENTI_90392_186_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROSMAYENTI_90392_186_2011.pdf
Download (163kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 21 Purus dan hasil wawancara terhadap
siswa dan guru kelas V, siswa kurang memahami soal cerita, serta pembelajaran
dilaksanakan oleh guru secara konvensional. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah,
yakni pencapaian nilai rata-rata siswa secara klasikal adalah 5. Penulis tertarik melakukan
upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui
pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan,
bentuk pelaksanaan dan pembelajaran soal cerita melalui pendekatan CTL. Dalam
penelitian ini CTL yang diterapkan mempunyai 7 langkah, yaitu Konstruktivisme,
menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang
sebenarnya. Langkah pendekatan CTL tersebut dikombinasikan dengan langkah-langkah
menyelesaikan soal cerita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan
pendekatan kuantitataif berupa data data kuantitatif (angka-angka). Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (class action research), Sedangkan siswa yang diambil
sebagai subjek penelitan adalah seluruh siswa kelas V SDN 21 Purus Padang. Data
penilitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan
lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam
penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa, dari tes awal dengan rata-rata 51
dan menjadi rata-rata hasil belajar siswa 63 pada tes akhir tindakan siklus I, sedangkan
pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 79. Pada hasil pengamatan pun
terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL pada pembelajaran tentang soal cerita
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dari peningkatan nilai belajar pada akhir
pelaksanaan siklus II dibandingkan dengan nilai pada tes awal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27086 |