Strategi Produk dan Promosi Produk Bordir di Kapalo Koto, Koto Tangah Simalanggang Payakumbuh: Studi Kasus di Usaha Bordir Limpapeh”s Kebaya

Susiani, Riris (2019) Strategi Produk dan Promosi Produk Bordir di Kapalo Koto, Koto Tangah Simalanggang Payakumbuh: Studi Kasus di Usaha Bordir Limpapeh”s Kebaya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIRIS_SUSIANI_800_16663_2019.pdf] Text
B1_01_RIRIS_SUSIANI_800_16663_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu pentingnya strategi produk dan promosi
dalam menjalankan sebuah usaha agar mampu bertahan dan bersaing dengan
perusahaan lain yang sejenis dalam kondisi persaingan yang ketat dan
perkembangan zaman yang sangat cepat. Strategi produk sangat diperlukan dalam
mememenuhi tuntutan konsumen seperti meningkatkan kualitas, pelayanan serta
jaminan produk. Selain itu penerapan strategi promosi terhadap produk juga
sangat dibutuhkan demi menginformasikan produk kepada konsumen agar usaha
bisa berkembang. Limpapeh”s Kebaya adalah usaha yang sedang berkembang dan
telah mampu memasarkan produk bordirnya hingga menembus pasar ekspor.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi produk dan strategi promosi
yang diterapkan di Limpapeh”s Kebaya, Kapalo Koto, Koto Tangah
Simalanggang Payakumbuh.
Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif, jenis data
berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik
analisa model interaktif yang berkaitan dengan pokok permasalahan yaitu dengan
model reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian yaitu strategi produk yang dilakukan di Limpapeh”s Kebaya
adalah dimulai dari menciptakan produk bordir yang berkualitas, desain motif
bordir yang up to date dan kreatif, menyediakan ukuran yang special, memberi
merek pada produk bordir, memberi kemasan yang menarik (paperbag) dan
serbaguna, pelayanan yang cepat, tepat dan ramah serta pemberian jaminan
terhadap produk bordir. Strategi promosi yang diterapkan adalah periklanan dan
hubungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 05:23
Last Modified: 16 Oct 2025 05:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item
View Item