Rostimar, Rostimar (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achiviement Division (STAD) dalam Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 06 Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROSTIMAR_09477_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROSTIMAR_09477_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROSTIMAR_09477_2011.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan di lapangan, dimana
pembelajaran di SDN 06 Pasir Jambak belum menggunakan pendekatan
cooperative learning tipe STAD. Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 06
Pasir Jambak bahwa guru kelas IV masih mengajar dengan cara yang
konvensional, dengan arti kata pembelajaran hanya dilakukan dengan tanya jawab
dan ceramah, sehingga pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa kurang
aktif dan tidak termotivasi, serta tidak mampu berkomunikasi dengan teman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk rancangan (2)
pelaksanakan pembelajaran serta (3) hasil belajar pembelajaran PKn dengan
menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 06 Pasir Jambak.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif,
dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini
meliputi (1) kegiatan pra penelitian, terdiri dari studi pendahuluan, dan
penyusunan rancangan tindakan (2) kegiatan pelaksanaan penelitian, yang terdiri
dari tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan tahap refleksi serta (3) kegiatan
pasca penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat. Data penelitian ini berupa
informasi tentang hasil yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi
aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD terteliti berjumlah 32 orang dan guru. Setelah data
terkumpul dengan teknik kualitatif. Hasil pengamatan dilakukan terhadap
aktivitas siswa dan aktivitas guru, yang direkam dalam lembar pengamatan oleh
observer. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I
adalah 70,83 %, hasil pengamatan aktivitas siswa siklus 1 adalah 58,33 %. Siklus
II hasil pengamatan aktivitas guru adalah 91,6 %, hasil pengamatan aktivitas
siswa pada siklus 2 adalah 83,33 % kriteria sangat baik.
Hasil penelitian siklus I aspek afektif adalah 66,28 %, aspek psikomotor
71,34 %, aspek kognitif rata-rata 67,53% Pada siklus 2 aspek afektif 81,40%,
aspek psikomotor 80,81 %, aspek kognitif rata-rata 82,34% . Berdasarkan hasil
dan temuan peneliti, disarankan kepada guru kelas IV SD. Dalam pembelajaran
PKn hendaklah menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:46 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 04:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27053 |