Rostini, Rostini (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Kelas V SDN Sintuk Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROSTINI_95559_2012.pdf [thumbnail of final_B1_ROSTINI_95559_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROSTINI_95559_2012.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar di kelas V
SDN 24 Sintuk Kota Pariaman, sehingga ketuntasan dalam pembelajaran IPA
yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar IPA kelas V SDN 24 Sintuk Kota Pariaman. Menyikapi kenyataan di
atas perlu diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ). PTK bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran suatu kelas yang pada akhirnya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas tersebut. Dalam hal ini metode eksperimen
merupakan salah satu metode yang sangat efektif untuk dikembangkan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari dua siklus 4 kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu
informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasi
pengamatan dalam pembelajaran IPA tentang perubahan sifat benda di kelas V
SDN Sintuk Kota Pariaman. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V
yang berjumlah 20 orang.
Hasil penilian menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar
siswa, peningkatan dapat dilihat pada siklus I diperoleh hasil belajar aspek
kognitif 69.375 % dengan criteria (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi
81.75 % dengan criteria ( Sangat Baik ). Pada aspek afektif diperoleh 69.5 %
dengan kriteri ( Cukup ), meningkat pada siklus II menjadi 83 % dengan criteria
(Sangat Baik ),aspek psikomotor 69.5 % meningkat pada siklus II menjadi 84%
dengan criteria sangat baik. Pada siklus I ketuntasan pelajaran yang diperoleh 20
% siswa adalah 69 % dengan criteria (Cukup) meningkat pada siklus II menjadi
82 % dengan criteria (Sangat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPA pada siswa kelas V SDN 24 Sintuk Kota Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:46 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 04:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27052 |