Octafiyany, Trysa (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Ekonomi dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Peninjauan Ala Bingo di Kelas VII SMP N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TRYSA_OCTAFIYANY_73695_1259_2011.pdf [thumbnail of final_B1_TRYSA_OCTAFIYANY_73695_1259_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TRYSA_OCTAFIYANY_73695_1259_2011.pdf
Download (676kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penerapan startegi pembelajaran ekspositori dan peninjauan ala bingo dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di kelas VII SMP N 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action 9 research). Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai guru mata pelajaran IPS ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran IPS ekonomi yang bertindak sebagai observer aktivitas guru dan teman sejawat sebagai observer aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Padang. Penelitian ini terdiri dari empat siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan aktivitas belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dengan cara memberikan tanda checklist pada alternatif tertentu. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus IV mengalami peningkatan dan semua aktivitas yang diamati telah berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 34,5%, pada siklus II sebesar 59%, pada siklus III sebesar 80% dan pada siklus IV sebesar 89,47%. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini terjadi dikarenakan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dan peninjauan ala bingo yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran, selain itu dalam pelaksanaan penelitian juga dilakukan perbaikan dan panambahan tindakan di setiap siklus. Penggunaan strategi belajar yang tepat merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar. Oleh sebab itu disarankan kepada guru-guru SMP N 13 Padang untuk menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dan peninjauan ala bingo sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Ekspositori Dan Peninjauan Ala Bingo |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27018 |