Ningsih, Nova Prihati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 36 Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOVA_PRIHATI_NINGSIH_52157_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NOVA_PRIHATI_NINGSIH_52157_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOVA_PRIHATI_NINGSIH_52157_2011.pdf
Download (122kB)
Abstract
Berdasarkan penelitian dan pengamatan penulis pada pembelajaran IPA diSDN 36 Kota Payakumbuh, ternyata hasil belajar yang dicapai siswa masihrendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru(teacher centre). Dan guru dalam mengajar cenderung bersifat informatif atauhanya transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa. Guru lebih banyakmenanamkan konsep Ilmu Pengetahuan Alam yang sifatnya hafalan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPA menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN 36Kota Payakumbuh tahun pelajaran 2010-2011.Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilakukan menggunakan empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalahsiswa kelas IV SDN 36 Kota Payakumbuh yang terdiri dari 30 siswa. Adapunlangkah-langkah pembelajaran dengan metode inkuiri adalah : (1) orientasi, (2)merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpukan data, (5)menguji hipotesis, (6) merumuskan kesimpulanHasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran denganmenggunakan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPA siswa.Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada : (a) rata-rata skor afektif siswapada siklus I diperoleh nilai 64 dan berada pada kriteria kurang, lalu meningkatpada siklus II mencapai 83, berada pada kriteria baik, (b) rata-rata skor aspekpsikomotor siswa pada siklus I dengan nilai 64, berada pada kriteria kurang, danmeningkat menjadi 84 pada siklus II pada kriteria baik, (c) rata-rata skor kognitifpada siklus I secara klasikal mencapai 64% dari 30 siswa dan pada siklus IImencapai 80% dari 30 siswa. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkanbahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapembelajaran IPA di kelas IV SDN 36 Kota Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, METODE INKUIRI, PEMBELAJARAN IPA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:40 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 01:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27003 |