Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi antara Penerapan Model Pembelajaran Prediction Guide dengan Model Konvensional yang dilaksanakan di Kelas XI SMA N 4 Pariaman.

Linda, Nova (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi antara Penerapan Model Pembelajaran Prediction Guide dengan Model Konvensional yang dilaksanakan di Kelas XI SMA N 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVA_LINDA_67645_2010.pdf] Text
final_B1_NOVA_LINDA_67645_2010.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomiantara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Prediction Guide dengansiswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian inidilaksanakan pada pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 4 Pariaman.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Kelas sampel dipilihdengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu,sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas XI3 sebagai kelas kontrol dan kelasXI 4 sebagai kelas eksperimen. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari tes hasilbelajar ekonomi siswa. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal tes diuji cobakan,kemudian hasil uji coba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan dayabeda soal tersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar keduakelas sampel digunakan uji Z dengan α = 0,05.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen77,94 dengan standar deviasi 7,789. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-ratapostest diperoleh dengan rata-rata 69,70 dan standar deviasi 7,144. Dari hasil ujihipotesis diperoleh Zhit 2,35 dan Ztab 1,96 berarti Zhit > Ztab sehingga hipotesisalternatif dapat diterima. Artinya terdapat perbedaan yang nyata hasil belajarekonomi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimenmemiliki rata-rata hasil belajar ekonomi yang tinggi sebesar 77,94. Dalam hal iniperbedaan tersebut diyakini sebagai pengaruh dari perlakuan yang diberikan padakelas eksperimen berupa proses pembelajaran dengan model pembelajaranPrediction Guide.Untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 4Pariaman, disarankan kepada guru ekonomi agar mempertimbangkan untukmenggunakan model pembelajaran Prediction Guide dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:40
Last Modified: 16 Oct 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27000

Actions (login required)

View Item
View Item