Pengaruh Penggunaan Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat

Mustafa, Mustafa (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MUSTAFA_1302395_986_2018.pdf] Text
B1_05_MUSTAFA_1302395_986_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronikayaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang telah ditetapkan SMKNegeri 1 Lembah Melintangyaitu 75. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahuiadanya pengaruh penggunaan metodePictorial Riddle
denganpembelajaranCooperativeterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar
Listrik dan Elektronika di kelas X TAV SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Postest Only Control Design.Sampel
penelitian yaitu kelas XTAV2sebagai kelas eksperimen menggunakan MetodePictorial Riddle
dan kelas XTAV1sebagai kelas kontrolmenggunakan pembelajaran Cooperative. Teknik
pengumpulan data dari tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas
eksperimen didapatkan nilai rata-rata 83,22, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai ratarata 75,83. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel
yaitu3,2>1,674, karenathitung besar dari ttabel,maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini
memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang positif antara penggunaan
Metode Pictorial Riddle dengan pembelajaran Cooperative pada mata pelajaran Dasar Listrik
dan Elektronika di kelas X TAV SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat dengan
pengaruh sebesar 9,7%. Maka Metode Pictorial Riddle lebih baik di bandingkan dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Dasar Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:39
Last Modified: 16 Oct 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26998

Actions (login required)

View Item
View Item