Widyasafina, Widyasafina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_WIDYASAFINA_93574_3103_2011.pdf
Download (276kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran siswa hanya diam mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru
dan tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru masih
memakai metode ceramah dan tanpa terlebih dahulu melibatkan siswa untuk
mencoba menyelesaikan suatu masalah yang dituntut oleh materi, sehingga hasil
belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn dilakukan PTK dengan menggunakan model PBL.
Model PBL merupakan sebuah model pembelajaran yang didasarkan pada
prinsip bahwa masalah dalam kehidupan dapat digunakan sebagai langkah awal
untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh siswa
sebelumnya sehingga terbentuklah pengetahuan baru. Model PBL ini dilakukan 5
tahapan yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk
belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok,
mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas
IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini
dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing
siklus dua kali pertemuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa belum terbiasa dengan menggunakan
model PBL sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada
siswa tentang prinsip-prinsip model PBL, sehingga hasil belajar siswa dari
66,38% pada siklus I menjadi 76,1% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota
Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:58 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:58 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26981 |
