Interferensi Morfologis Bahasa Minangkabau terhadap Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam

Afwari, Roza (2011) Interferensi Morfologis Bahasa Minangkabau terhadap Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROZA_AFWARI_67201_5177_2011.pdf] Text
final_B1_ROZA_AFWARI_67201_5177_2011.pdf

Download (588kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk
interferensi morfologis bahasa Minangkabau terhadap bahasa Indonesia dalam
karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek
Kabupaten Agam. Tujuan khusus penelitian ini ada tiga. Pertama,
mendeskripsikan bentuk interferensi morfem bebas bahasa Minangkabau terhadap
bahasa Indonesia dalam karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 22 Magek
Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Kedua, mendeskripsikan bentuk
interferensi morfem terikat bahasa Minangkabau terhadap bahasa Indonesia dalam
karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek
Kabupaten Agam. Ketiga, mendeskripsikan apa saja yang menyebabkan
terjadinya interferensi morfologis dalam bahasa tulis siswa kelas V SD Negeri 22
Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam dengan jumlah
murid 19 orang. Data penelitian ini adalah karangan narasi siswa kelas V SD
Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Data penelitian
dikumpulkan dengan cara memberikan tes mengarang kepada siswa.
Berdasarkan deskripsi data dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat
interferensi morfologis bahasa Minangkabau terhadap bahasa Indonesia dalam
karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 22 Magek Kecamatan Kamang Magek
Kabupaten Agam sebanyak 10 morfem. Pertama, jumlah morfem bebas yang
terinterferensi oleh bahasa Minangkabau sebanyak 7 morfem. Kedua, jumlah
morfem terikat yang terinterferensi oleh bahasa Minangkabau sebanyak 3
morfem. Ketiga, dari hasil analisis data disimpulkan hal yang menyebabkan
terjadinya interferensi morfologis bahasa Minangkabau terhadap bahasa Indonesia
tulis siswa adalah faktor dari lingkungan sekolah yaitu penggunaan BM dalam
keseharian lingkungan sekolah dan luar sekolah oleh siswa, kekurangpahaman
siswa terhadap bahasa yang dipakainya, pengajaran bahasa yang kurang tepat atau
kurang sempurna yaitu guru-guru dan murid masih menggunakan bahasa
Minangkabau sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:58
Last Modified: 15 Oct 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26975

Actions (login required)

View Item
View Item