Lestari, Widya (2011) Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Pendampingan Guru Saat Menonton Televisi di TK Islam Ibnu Syam Kubang Putiah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_WIDYA_LESTARI_08362_2011.pdf
Download (202kB)
Abstract
sosial emosionalnya dalam mengekspresikan perasaannya belum
berkembang dengan optimal di TK Islam Ibnu Syam Kubang Putiah. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat apakah melalui media televisi di sekolah dapat
mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak dalam mengekspresikan
perasaannya, maka dilakukan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom
Action Research ) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana siklus pertama tiga
kali pertemuan dan siklus ke dua, dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian
adalah anak TK Islam Ibnu Syam Kubang Putiah yang termasuk dalam kelompok B3
pada tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data
menggunakan format observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang
digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa melalui pendampingan guru saat
menonton televisi di sekolah ternyata dapat meningkatkan kecerdasan sosial
emosional anak dalam rangka mengekspresikan perasaannya. Dengan demikian
pertanyaan penelitian dapat terjawab dengan meningkatnya kecerdasan sosial
emosional anak dalam mengekspresikan perasaannya pada anak TK Islam Ibnu Syam
Kubang Putiah khususnya di kelompok B3. Untuk variabel mengekspresikan
perasaan marah, takut, senang dan sedih. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa melalui pendampingan guru saat menonton televisi di sekolah
dapat membantu anak mengembangkan kecerdasan sosial emosionalnya. Berdasarkan
temuan di atas, maka penulis menyarankan kepada pendidik PAUD khususnya guru
TK Islam Ibnu Syam Kubang Putiah agar dapat lebih mengoptimalkan penggunaan
sarana audio visual di sekolah untuk memberikan stimulasi yang maksimal kepada
anak didik, sedangkan bagi orang tua di rumah, diharapkan agar orang tua dapat
mendampingi anak-anak saat menonton televisi, hal ini jelas sangat membantu anak
dalam perkembangannya
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26972 |
