Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Anak Usia Dini Mengiringi Musik Pianika di TK Negeri Pembina Lubuk Kilangan Padang

Juita, Widya (2012) Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Anak Usia Dini Mengiringi Musik Pianika di TK Negeri Pembina Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Widya Juita_10117_2012.pdf] Text
final_B1_Widya Juita_10117_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan bernyanyi anak dalam kelompok B2 di TK Negeri Pembina
masih rendah karena pembelajaran benyanyi anak hanya menggunakan tepuk
tangan dan tamburin untuk mengiringi anak dalam bernyanyi dan strategi dalam
beryanyi tidak bervariasi serta kurangnya kegiatan bernyanyi mengiringi alat
music pianika. Hal tersebut terjadi disebabkan kurangnnya media, kemampuan
dan profesional guru serta tidak bervariasinya metode yang digunakan dalam
meningkatkan kemampuan beryanyi.
Permasalahan yang dapat digambarkan dalam penelitian adalah
kurangnya peningkatan kemampuan anak mengiringi alat music pianika. Sehingga
tujuan penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan bernyanyi anak
mengiringi alat musik pianika.
Jenis Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) yaitu suatu
penelitian yang meningkatkan mutu pembelajaran. Data penelitian diperoleh
melalui observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam
dua siklus. Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan
bernyanyi anak. Pada siklus I kemampuan anak dalam bernyanyi masih rendah,
setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan.
Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dinyatakan bahwa
terjadinya peningkatan kemampuan bernyanyi anak mengiringi alat music pianika
kemampuan anak rata-rata pada siklus I dan siklus II.
Hal ini menunjukkan kemampuan bernyanyi anak mengalami
peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi bisa
disimpulkan bahwa menggunakan alat music pianika dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam bernyanyi di kelompok B2 di TK Negeri Pembina
Lubuk Kilangan Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:18
Last Modified: 15 Oct 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item
View Item