Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa melalui Penggunaan Pembelajaran Word Square dengan Pembelajaran Konvensional pada Kelas X di SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 6 Padang

Manik, Nova I (2011) Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa melalui Penggunaan Pembelajaran Word Square dengan Pembelajaran Konvensional pada Kelas X di SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVA_I_MANIK_73684_1761_2011.pdf] Text
final_B1_NOVA_I_MANIK_73684_1761_2011.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaanhasil belajar kelas X yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran wordsquare dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 6 Padang. Kelassampel dipilih dengan teknik Purposive Random Sampling yaitu kelas X.8 sebagaikelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 dan kelas X.7 sebagai kelas kontroldengan jumlah siswa 40. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan datasekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Z dengan terlebih dahulumelakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap varians kedua kelassampel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yangmenggunakan pembelajaran Word Suare memiliki hasil belajar yang lebih tinggidibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, yangdibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diperolehrata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,50 dan kelas kontrol dengannilai rata-rata 68,50, dari analisis uji Z diperoleh Z hitung 3,7 pada tarafkepercayaan 95% diperoleh Z tabel 1,96 berarti hipotesis yang diajukan diterima,maka terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kedua kelas sampel.Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, disarankankepada guru untuk dapat mempertimbangkan pembelajaran Word Square sebagaialternatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:59
Last Modified: 14 Oct 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26932

Actions (login required)

View Item
View Item