Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Karet Gelang di Tk Lillah Pasir Putih Tabing Padang.

Hertiana, Nouwellis (2011) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Karet Gelang di Tk Lillah Pasir Putih Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOUWELLIS_HERTIANA_88527_94_2011.pdf] Text
final_B1_NOUWELLIS_HERTIANA_88527_94_2011.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas B1 di TK Lillah Pasir Putih TabingPadang, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa perkembangan motorik halusanaknya kurang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya alat peraga yangdigunakan guru sebagai media pada kegiatan menulis anak sehingga kegiatanmenulis sangat membosankan bagi anak. Salah satu upaya yang dapatmeningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menulis pada anakusia dini adalah dengan menggunakan permainan karet gelang. Rumusan dalammasalah ini adalah apakah dengan menggunakan permainan karet gelang dapatmeningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam aktivitas menulis pada anakkelas B1 di TK Lillah Tabing Padang. Penelitian ini bertujuan untukmembuktikan apakah permainan karet gelang ini dapat meningkatkan kemampuanmotorik halus anak dalam aktivitas menulis anak pada kelas B1 di TK LillahTabing Padang.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjekpenelitian anak kelas B1 TK Lillah Tabing Padang tahun ajaran 2009/2010sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.Data tentang kemampuan motorik halus anak dalam aktivitas menulis dalampembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuananak dalam meningkatkan motorik halus anak dalam aktivitas menulis padapermainan karet gelang anak kategori mampu sebelum tindakan adalah 23,3%,pada siklus I rata-rata 45,8%, sedangkan pada siklus II rata-rata 77,5%. Hal inimenunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dalam aktivitas menulismengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadidapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan karet gelang dalampembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalamaktivitas menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MOTORIK HALUS, MELALUI PERMAINAN KARET
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:59
Last Modified: 14 Oct 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26926

Actions (login required)

View Item
View Item