Widiawati, Widiawati (2011) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Permainan Kursi Raja di TK Nusa Indah Lungguak Muto Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WIDIAWATI_08349_2011.pdf [thumbnail of final_B1_WIDIAWATI_08349_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WIDIAWATI_08349_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa banyaknya anak
yang kecerdasan emosionalnya belum berkembang secara baik di TK Nusa Indah
Lungguak Muto Ampek Angkek Kabupaten Agam. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk melihat apakah melalui permainan kursi raja dapat meningkatkan
kecerdasan emosional anak dalam memahami peraturan, mengekspresikan emosi
yang sesuai dengan kondisi yang ada, memiliki rasa percaya diri dan memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom
Action Research) yang dilaksanakan dua siklus, yang mana siklus 1 tiga kali
pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak TK
Nusa Indah Lungguak Muto Tahun Ajaran 2010/2011, yang termasuk ke dalam
kelompok B yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data menggunakan format
observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah
persentase dengan tabel distribusi frekwensi.
Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa permainan kursi raja ternyata dapat
meningkatkan kecerdasan emosional anak yang meliputi: (1) meningkatnya
kecerdasan emosional anak dalam memahami peraturan, (2) meningkatnya
kecerdasan emosional anak dalam mengekspresikan emosi, yang sesuai dengan
kondisi yang ada, (3) memiliki rasa percaya diri, dan (4) memiliki sikap gigih
(tidak mudah menyerah). Berdasarkan temuan di atas maka saran dari penelitian
ini adalah agar pendidik anak usia dini dapat menggunakan permainan kursi raja
ini demi peningkatan kecerdasan emosional anak dan hendaknya dapat lebih
mengkreasikan lagi dalam bentuk lain yang lebih menarik sehingga anak
berkembang lebih optimal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26921 |